LEDAKAN PENYAKIT DEGENERATIF

LEDAKAN PENYAKIT DEGENERATIF

Penyakit degeneratif (penyakit tidak menular) potensial terjadi di Indonesia dan tidak menutup kemungkinan akan ‘meledak’ menjadi penyebab utama kematian diwilayah berbagai perkotaan di Indonesia. Disinyalir penyebab utama ‘ledakan’ ini terjadi karena besarnya perubahan gaya hidup akibat urbanisasi dan modernisasi.

Penyakit degeneratif bukanlah ‘barang baru’ dalam dunia kedokteran. Dunia medis mengenal penyakit degeneratif sebagai satu istilah yang digunakan untuk menjelaskan penyakit yang muncul akibat kemunduran fungus sel tubuh, yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Adapun beberapa jenis penyakit yang masuk dalam kelompok penyakit degeneratif diantaranya adalah diabetes melitus, jantung koroner, kardiovaskular, dislipidemia/kelainan kolesterol, dan sebagainya.

Bukan isapan jempol belaka jika penyakit degeneratif berpeluang menjadi ‘pembunuh’ utama yang menghantui masyarakat. Hal ini sempat di lontarkan oleh dr. Rustika, peneliti Balitbang Departemen Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia yang mengatakan penyakit degeneratif seperti kardiovaskular telah menjadi pembunuh masyarakat perkotaan yang cukup signifikan. Lebih lanjut dijelaskan Rustika bahwa kardiovaskular erat berhubungan dengan kelainan pembuluh darah jantung. Menurutnya, di Indonesia penderita penyakit ini terus bertambah akibat dari pola makan yang tidak sehat dilakukan masyarakat. Penyakit ini juga telah lebih menjadi ‘pembunuh’ utama diberbagai negara kaya dunia. WHO merilis data pada akhir 2005, penyakit degeneratif telah menyebabkan kematian hampir 17 juta orang diseluruh belahan dunia.

Kardiovaskular muncul akibat adanya perubahan pola makan masyarakat yang tidak sehat. Tingginya kadar kolesterol total, LDL, trigliserida, dan penurunan kadar HDL dalam darah menjadi alasan seseorang terjangkit kandiovaskular. Hal ini terjadi dari rendahnya pemahaman masyarakat untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar serat tinggi. Selain itu juga dikarenakan rendahnya aktivitas fisik masyarakat, seperti olahraga ditengarai juga menjadi urutan selanjutnya penyebab munculnya kardiovaskular. Rustika juga sudah melakukan penelitian yang mendapatkan fakta bahwa daru 28,70 gram asam lemak yang wajib dikonsumsi, ternyata hanya 20 persen atau 5,93 gram saja saja yang dikonsumsi oleh masyarakat perkotaan dalam negeri.

Penyakit Degeneratif Bisa Dihindari’

Meski telah memunculkan ketakutan yang luar biasa bagi masyarakat dunia, bukan berarti penyakit degeneratif tidak bis adi cegah. Tidaklah sulit hanya diperlukan kesadaran untuk mencermati pola makan yang lebih sehat, rutinitas aktivitas fisik, menghentikan kebiasaan merokok, dan perlunya keseriusan untuk meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat.

Sebagai satu upaya untuk membiasakan hidup yang lebih sehat, ada beberapa tips dan trik yang ampuh dan mudah dijalankan bagi anda masyarakat perkotaan yang hidup dalam ‘kekangan’ rutinitas yang padat. Meski rutinitas harian sangat padat, bukan berarti aktifitas fisik tidak bisa dijalankan. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk membiasakan berjalan kaki. Hal ini telah dibuktikan oleh pakar kesehatan dari Medical Centre University North Carolina, Cris Slent yang mengatakan, berjalan kaki minimum 10 menit dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan jantung.

Tidak ada kata ‘sulit’ unuk menghadirkan kehidupan yang lebih sehat. Selain aktivitas fisik, diperlukan perubahan pola makan yang lebih sehat. Meski ‘dikejar’ berbagai kegiatan, usahakan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Terakhir jauhi rokok. Ini tidak hanya berguna bagi kesehatan, tapi secara tidak langsung juga akan berpengaruh terhadap keuangan anda.

Sesibuk apapun aktivitas yang anda lakukan, upayakan untuk tetap menjalani hidup yang lebih sehat. Dengan kesehatan prima yang dimiliki, otomatis kinerja pribadi juga akan lebih meningkat dan berhasil maksimal.

Sumber : Buletin Interaksi Edisi 4/2009

Posted on May 31, 2011, in PROMOSI KESEHATAN. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: